MULAI BERBISNIS: BERANI MEMULAI JUALAN ONLINE

09 May 2017 | 0 comments

Blog Photo

Memulai bisnis online adalah pilihan terbaik jika Anda seorang yang suka bermain di internet dan ingin punya pemasukan tambahan. Mengapa harus bisnis online? Jawabannya, mulai ada pergeseran budaya dalam jual beli produk maupun jasa. Customer kini mulai ingin segala hal yang nyaman, cepat, bahkan mungkin instan meskipun harus mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada cara konvensional. Semua yang diinginkan customer tersebut mulai bisa dijawab oleh bisnis online.

Bisnis online kini tidak hanya jual beli produk. Pesan tiket, kamar hotel, jasa pengiriman, bahkan transportasi juga berbasis online. Berbicara jual beli produk secara online, Anda mungkin salah satu pengguna internet yang mulai ingin berbisnis online namun tidak memiliki banyak modal untuk menyiapkan stok barang. Jika itu yang terjadi, jangan terburu-buru. Siapkan amunisi dan strategi jualan yang matang baru mulai jualan.

Untuk menyiapkan amunisi (produk dan sebagainya) serta strategi jualan, Anda bisa menggunakan alur berikut (dikutip dari digitalmarketer.id).

  1. Tentukan Anda ingin jualan apa

    Dalam berjualan online, memilih apa yang ingin dijual itu sajat penting. Jika Anda ingin memulai bisnis dengan membuat toko online, tentu Anda sudah memiliki gambaran produk atau jasa yang akan Anda jual secara online. Tidak selalu produk offline jika dijual mendapatkan respon yang sama ketika dijual secara online. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan masak-masak dan menangkap peluang pasar, sebelum akhirnya menjual produk Anda secara online.

    Hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah:

    • Apa bentuk produk Anda,
    • Bagaimana Anda menyiapkan stok, beli atau produksi,
    • Siapa customer Anda
    • Bagaimana Anda mengirimkannya.
  2. Kenali Niche Market

    Niche Market sendiri adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan item sejenis. Niche market ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepuasan dari customer dan digunakan dengan tujuan memperkecil persaingan pasar. Intinya, Anda harus mengetahui apa yang membedakan toko online Anda dengan kebanyakan toko online lainnya. Apabila Anda berhasil menemukan unsur pembeda tersebut, maka hal itu adalah cara jualan online shop terbaik yang membuat bisnis online Anda meraup banyak untung.

    Hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah:

    • Kenali saingan bisnis Anda (penjual produk serupa),
    • Tawarkan sesuatu yang benar-benar unik dan berkualitas, misalnya kerajinan tangan, jual kerajinan tangan yang benar-benar kreatif,
    • Usahakan menjual sesaui keahlian, contohnya Anda sebagai penggila bola mungkin menjual sepatu/jersey,
    • Atur proses penjualan di toko Anda sangat simpel namun tetap aman.
  3. Uji coba jualan dengan skala kecil

    Akan lebih bijaksana jika Anda mencoba menjual produk secara offline sebelum Anda memasarkannya melalui online. Secara offline, Anda bisa menjual produk-produk tersebut dalam skala kecil di sekolah/kampus atau tempat kerja, pasar, pameran, ataupun di berbagai event tertentu. Hal ini untuk melihat minat pasar terhadap produk Anda.

    Hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah:

    • Kapan dan dimana produk Anda terjual,
    • Siapa yang membeli produk anda,
    • Bagaimana tanggapan mereka tentang produk Anda,
    • Berapa banyak yang terjual.
  4. Revisi strategi dari hasil uji coba skala kecil

    Sebelum Anda membuat toko online, luangkan waktu Anda untuk menyusun rencana bisnis ulang secara rinci. Revisi rencana tersebut didapatkan dari hasil observasi penjualan skala kecil. Setelah itu jangan lupa tentukan biaya operasi. Maka untuk mengetahui biaya operasi Anda, perlu dilakukan pemetaan strategi pemasaran.

    Berikut adalah faktor-faktor penentunya.

    • Tentukan biaya produksi/stok produk.
    • Petakan cara dan biaya pengiriman.
    • Perhitungkan jasa karyawan dan gajinya jika memerlukan.
    • Tentukan biaya operasional toko online, jika hasil uji coba bagus dan memuaskan, Anda boleh mencoba melakukan promosi di banyak toko online, media sosial, atau malah membuat website
    • Tentukan besar dan asal modal.
  5. Mulai Bisnis Online

    Mulailah jualan online di marketplace dan social media. Jika satu toko online Anda sudah tertata rapi, mulai buka toko di banyak tempat yang artinya Anda membuka cabang. Berikan pelayanan terbaik, dan memuaskan. Jangan lupa untuk selalu berusaha mendapatkan rating yang OK bahkan nama toko/brand minimal dikenal di salah satu marketplace online.

    Jika semua sudah berjalan melebihi target, coba kembangkan lagi bisnis online Anda untuk produk lain.

    Semua usaha dan alur yang telah lakukan harus dilakukan dengan maksimal karena bukti kualitas Anda hanya dari pelayanan tanpa bisa bertemu dengan customer. Semakin customer puas belanja di toko Anda, semakin bertambah pula customer lain untuk ikut berbelanja.


Related Products


Comments

Tinggalkan Komentar Anda

Kirim Komentar

Tidak ada komentar.